Sistem pendidikan yang digunakan adalah formal dan non formal. Sistem Pendidikan Formal diselenggarakan selama enam hari dalam satu pekan. Dalam hal ini  santri harus mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas mulai pikul 07.00 s/d 13.35 WIB, diselingi istirahat satu kali pada pukul 09.40 s/d 09.55 WIB dan waktu shalat dhuhur berjama’ah pada pukul 11.55 s/d 12.15 WIB. 

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem pendidikan yang digunakan adalah formal dan non formal. Sistem Pendidikan Formal diselenggarakan selama enam hari dalam satu pekan. Dalam hal ini  santri harus mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas mulai pikul 07.00 s/d 13.35 WIB, diselingi istirahat satu kali pada pukul 09.40 s/d 09.55 WIB dan waktu shalat dhuhur berjama’ah pada pukul 11.55 s/d 12.15 WIB.   Dalam satu hari para santri rata-rata mendapatkan 9 jam  pelajaran dengan durasi masing-masing pelajaran 40 menit.  Materi program kepesantrenan dan non kepesantrenan disusun secara acak  tanpa memandang waktu kegiatan pagi atau siang.  Untuk sore hari digunakan kegiatan extra kurikuler  yaitu pukul 16.00 (ba’da ashar) sampai pukul 17.15 WIB.

Adapun Pendidikan Non Formal adalah pendidikan yang diselenggarakan di luar jam formal atau di luar kelas,  dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan antara aspek keilmuan dan aspek amaliyah (praktek) yang menjadi ciri khas pesantren.  Melalui kegiatan ini, ilmu yang diperoleh  dari kelas langsung bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata.  Selain itu,  fungsi kegiatan non formal disamping untuk mempraktekkan juga dapat menambah dan memperkuat ilmu para santri.  Diantara jenis kegiatan non formal yang ada di Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin adalah : Organisasi Pelajar (IST), Santri Pecinta Alam (Sapala), Tata boga, Tata busana, Muhawarah (percakapan dan penambahan kosa kata bahasa Arab/Inggris), Pentas Seni, Bela diri, Parade Baris-berbaris, Seni Kaligrafi, Klub Olahraga, Tim Nasyid, Pelatihan Kesehatan, Muhadloroh (pidato 3 bahasa), Berdakwah di Masyarakat (Ta’lim Quro’), Pengajian Ba’da Magrib, halaqoh Takwinul Akhlak, Baca dan tartil Al-Qur’an (Qiro’atul Qur’an), Kajian Kitab (sorogan), Tasmi’ Al Qur’an, pelatihan Jurnalistik, Aneka Kursus. (lebih jelas lihat aneka aktivitas santri)

Go to top