Peran tenaga edukatif di tengah-tengah para santri sangat penting, karena disamping sebagai pengajar sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, mereka juga harus berperan dan berfungsi  sebagai pendidik yang dituntut menjadi teladan bagi para santri dalam beraktivitas serta beramal islami. Para ustadz juga menjadi tumpuan para santri untuk memecahkan berbagai persoalan yang mereka hadapi.

TENAGA EDUKATIF & KARYAWAN

Peran tenaga edukatif di tengah-tengah para santri sangat penting, karena disamping sebagai pengajar sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, mereka juga harus berperan dan berfungsi  sebagai pendidik yang dituntut menjadi teladan bagi para santri dalam beraktivitas serta beramal islami. Para ustadz juga menjadi tumpuan para santri untuk memecahkan berbagai persoalan yang mereka hadapi. Selain itu mereka dituntut untuk berperan menggantikan fungsi  orang tua, mengingat keberadaan para santri di pesantren jauh dari orang tuannya. Untuk itu Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin menempatkan sejumlah guru tetap dan ustadz muda untuk tinggal di lingkungan asrama mendampingi para santri 24 jam.

Jumlah keseluruhan tenaga edukatif dan karyawan di Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin tahun pelajaran 2013-2014 sebanyak 328 orang tersebar dalam berbagai status kepegawaian sebagai berikut :

No

STATUS KEPEGAWAIAN

JUMLAH

JENJANG PENDIDIKAN

JUMLAH

1

Guru Tetap

65 orang

S3

1 orang

2

Guru Tetap Kontrak*

16 orang

S2

15 orang

3

Karyawan Tetap

19 orang

S1

105 orang

4

Karyawan Tetap Kontrak*

4 orang

D3

33 orang

5

Guru Tidak Tetap

91 orang

D2

12 orang

6

Karyawan Tidak Tetap

77 orang

D1

2 orang

7

Guru Bantu*

29 orang

SLTA

(GWB & Karyawan Tidak Tetap/non adm.)

70 orang

8

Guru Wiyata Bakti*

27 orang

 

Go to top